Kiat Mengembangkan Usaha Sendiri

PDFPrintE-mail

Topik Minggu Ini

AddthisAddthis

Mempunyai usaha yang maju dan berkembang adalah impian sebagian orang. Apalagi dewasa ini, ketika bekerja di perusahaan tidak lagi menjadi jaminan aman dari PHK, maka semakin banyak orang yang bercita-cita membuka usaha sendiri.

Namun, merintis usaha yang maju dan berkembang tentu harus dimulai dari bawah, dan itu bukanlah sebuah proses yang mudah bagi sebagian orang. Apabila usaha Anda sudah berjalan dan menghasilkan laba, maka bank menjadi pilihan yang baik bagi Anda untuk memperoleh pinjaman modal usaha. Mengapa?

Pertama, karena dengan meminjam ke bank, Anda akan terpacu untuk menjalankan usaha secara lebih profesional agar mampu mengembalikan pinjaman.

Kedua, meminjam ke bank juga memacu anda untuk memiliki lebih banyak aset usaha yang tentu sangat berguna untuk mengembangkan bisnis. Seperti yang Anda ketahui, salah satu syarat mengajukan pinjaman adalah wajib memiliki aset sebagai agunan.

Dan ketiga, karena bank adalah lembaga legal yang dapat dipertanggungjawabkan dalam hal bargaining jika ada masalah di kemudian hari.

Bank yang baik untuk Anda pertimbangkan adalah bank dengan kriteria sebagai berikut:

Pertama, bank yang memuat pemberitaan tentang performa, tingkat kesehatan keuangan, tingkat pelayanan, kemampuan operasional pendukung, serta penyampaian laporan keuangan bank tersebut di media. Perhatikan juga, apakah bank tersebut sudah go-public atau belum, dan cari tahu pula perkembangan harga saham bank yang bersangkutan.

Kedua, bank yang mengutamakan kemampuan usaha, bukan kecukupan agunan sebagai sumber pembayaran kembali. Mengapa demikian? Karena bank yang hanya mengutamakan kecukupan agunan akan cenderung langsung melikuidasi agunan jika usaha anda bermasalah.

Ketiga, bank yang punya jaringan kerja luas, fasilitas Teknologi Informasi canggih, serta produk handal untuk mendukung kelancaran usaha, seperti phone banking, internet banking, dan ATM.

Keempat, bank yang cepat dalam memproses kredit. Untuk itu, galilah informasi, berapa lama waktu yang diperlukan oleh bank tersebut untuk memproses aplikasi kredit.

Kelima, bank yang menerapkan tarif biaya atau cost paling rendah. Pengeluaran yang perlu dipertimbangkan adalah biaya provisi, biaya percetakan, biaya administrasi bulanan, besaran denda, biaya notaris, pengikatan agunan, asuransi dan biaya transaksi.

Dan keenam, bank yang memberikan kemudahan untuk Anda, seperti kedekatan lokasi, kualitas pelayanan, keamanan bertransaksi, kenyamanan berkonsultasi, kemudahan berkomunikasi serta kemudahan pengajuan komplain.

KTA atau Kredit Tanpa Agunan termasuk ke dalam kelompok Pinjaman Tidak Aman. Disebut ”tidak aman” karena pinjaman jenis ini tidak digaransi oleh apapun. Karena dipinjamkan tanpa agunan, maka risiko finansial yang harus Anda tanggung bila meminjam kredit jenis ini juga lebih besar dibanding bila Anda mengambil kredit yang termasuk ke dalam Pinjaman Aman.

Namun, berhubung Anda masih berstatus karyawati dan berpenghasilan tetap, saya pikir tidak ada salahnya Anda mengajukan aplikasi Kredit Tanpa Agunan, dengan syarat Anda dapat mengelola arus kas usaha Anda, dan aturlah agar maximum total pinjaman Anda tidak melebihi 30% dari total penghasilan Anda. Kelola dengan benar supaya tidak merugi ataupun mengorbankan tabungan yang Anda peroleh dari gaji Anda.


Beberapa bank dan lembaga pemberi Kredit Tanpa Agunan biasa mengadakan interview, sebelum memberikan kredit kepada anda sebagai calon nasabah. Dari hasil interview itu, bank atau lembaga pemberi KTA akan membuat budget analysis untuk mengetahui seberapa besar kemampuan anda meminjam sekaligus membayar kredit.

Hal-hal yang dipertimbangkan oleh bank atau lembaga pemberi KTA dalam penyusunan budget analysis antara lain adalah:

  • berapa gaji dan biaya hidup anda per bulan,
  • apakah anda sudah atau belum menikah,
  • apakah anda sudah tinggal di rumah sendiri atau masih menumpang di rumah orang tua,
  • dan apakah anda sudah atau belum punya anak.

Lalu dari hasil analisis tersebut, bank akan menunjukkan berapa jumlah dana yang boleh anda pinjam berdasarkan kemampuan anda membayar. Bila ternyata dari hasil analisis, anda dianggap kurang memiliki kemampuan membayar lebih sedikit dibandingkan dengan besarnya  pinjaman, biasanya anda akan diminta untuk mengurangi jumlah pinjaman yang anda minta. Dan bila anda dianggap tidak mampu membayar sama sekali, maka aplikasi kredit anda akan ditolak.

Bila anda termasuk yang berhak mendapatkan kredit, selamat! Tapi jangan lupa. Setelah memperoleh kredit, anda juga diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya. Biaya paling tinggi akan dikenakan untuk anda yang belum punya pengalaman meminjam. Biaya lebih rendah akan diberikan pada anda yang memiliki kartu kredit atau pinjaman lain dengan sejarah kredit yg baik. Dan biaya paling rendah akan diberikan bila anda membayar utang KTA dengan cara potong gaji. Biaya paling rendah ini diberikan, karena dengan cara potong gaji, bank tidak harus menanggung risiko kredit macet. Saya kira sebagai karyawati, Anda dapat memilih pembayaran utang dengan cara potong gaji ini.

2 penyebab aplikasi kredit Anda ditolak oleh bank pemberi kredit.

Sebelum mengajukan proposal kredit usaha, sebaiknya anda mempertimbangkan masak-masak bisnis di bidang apa yang akan Anda lakukan. Mengapa? Karena bank biasanya menghindari bisnis yang rentan terhadap pengaruh faktor eksternal. Nah, apa sajakah bisnis yang rentan terhadap faktor eksternal itu?

Pertama, bisnis yang diatur ketat regulasi pemerintah, seperti hasil hutan, pasir, dan perumahan.

Kedua, bisnis yang sifatnya mengekor atau latah seperti warnet, persewaan VCD, dan aksesoris handphone.

Ketiga, bisnis dengan tingkat persaingan dan risiko tinggi, contohnya peternakan.

Dan, terakhir, bisnis berteknologi tinggi namun memiliki life cycle product pendek, seperti HP dan komputer.

Nah, Anda lihat bukan, ternyata tanpa Anda sadari, selama ini Anda telah memilih  jenis usaha yang justru dihindari oleh bank pemberi kredit. Itu penyebab pertama mengapa aplikasi kredit Anda ditolak.

Lalu apa penyebab kedua? Yaitu waktu peminjaman ke bank. Hal ini berkaitan erat dengan tahapan dalam bisnis yang Anda jalankan.

Ada empat tahapan dalam menjalankan bisnis. Anda perlu mengenali, sudah sampai di tahapan manakah usaha yang anda jalankan?

Pada tahap pertama, usaha berada dalam kondisi start-up atau permulaan. Di tahap ini, anda baru mendirikan perusahaan.

Di tahap kedua, anda sudah mempunyai rencana usaha dan contoh-contoh produk. Tapi anda belum mempunyai pendapatan dari penjualan produk-produk itu.

Di tahap ketiga, anda sudah mempunyai rencana usaha yang matang dan program-program yang siap dijalankan.

Dan pada tahap keempat atau tahap terakhir, usaha anda sudah berjalan, dan anda sudah harus mengelola catatan pendapatan dan biaya produksi perusahaan anda.

Bila usaha Anda masih berada di tahapan pertama, karena Anda baru hendak membuka usaha. Perlu anda ketahui, bahwa kemungkinan besar usaha yang akan dibiayai oleh bank hanyalah usaha yang sudah berada di tahap ketiga atau keempat. Jadi, apabila usaha anda baru berada pada tahap pertama atau kedua, maka sebaiknya anda jangan dulu pergi ke bank untuk mengajukan permohonan kredit usaha.

Di tahap awal ini, untuk sementara anda mungkin bisa meminjam modal kepada pihak lain seperti saudara, mitra kerja, atau lembaga-lembaga pembiayaan lain seperti koperasi, modal ventura dan program-program pembiayaan untuk UKM yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Saya menganjurkan Anda untuk mencari informasi lebih banyak tentang modal ventura. Mengapa? Karena Perusahaan Modal Ventura menggunakan prinsip kerja yang bersifat equity financing. Artinya, Perusahaan Modal Ventura memberikan pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal dalam suatu perusahaan atau dikenal dengan perusahaan pasangan usaha atau PPU, selama jangka waktu tertentu dan bersifat sementara.

Perusahaan Modal Ventura dan Perusahaan Pasangan Usaha secara bersama-sama mengembangkan usaha yang diajukan, baik dari sisi permodalan maupun manajemen perusahaan. Tujuannya tak lain, agar Perusahaan Pasangan Usaha dapat meningkatkan produktifitas usaha, volume penjualan maupun pangsa pasar, serta kualitas barang dan jasa yang diproduksi.

Nah bagaimana, apakah Anda tertarik dengan modal ventura? Bila ya, segeralah gali informasi tentang perusahaan modal ventura terdekat di kota Anda. Setelah itu diskusikan rencana usaha Anda dengan mereka.

Selamat mencoba. Semoga usaha Anda cepat berkembang.


Comments 

 
0 # HUBUNGI KAMI UNTUK PINJAMAN LEGIT @ 2% SUKU BUNGA DAFTAR SEKARANGRASHID OMAR 2013-05-17 04:22
Selamat Datang KEUANGAN KREDIT SOLUSI RUMAH, kami menawarkan pinjaman kepada orang-orang di kredit buruk, pinjaman perbaikan rumah, pinjaman pribadi dan bisnis, mahasiswa mencari bantuan keuangan dan perusahaan dll dengan tingkat bunga yang sangat rendah dan dengan atau tanpa agunan.Peminjam? S Informasi(1) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:(2) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan Dalam Kata:(3) Nama Lengkap:(4) Negara:(5) Berlaku Nomor Telepon Seluler Atau Telp Telepon:(6) Tujuan Dari Pinjaman:(7) Alamat:(8) Pekerjaan:(9) Jenis Kelamin: Laki-laki Atau Perempuan:(10) Negara:(11) Jangka waktu pinjaman:(13) Kota:(14) Umur:HARI TANGGAL: ...................*************** *************** **Mr Rashid Omar (CEO)KEUANGAN KREDIT SOLUSI RUMAHEMAIL: financialcredit _solutions@ymai l.com
Reply | Reply with quote | Quote
 

Add comment

Security code
Refresh

Info Uang Anda

Tips dalam berwirausaha

article imageModal bukanlah satu-satunya faktor penunjang dalam berwirausaha. Setidaknya ada tiga...
Selengkapnya

Tips aman menggunakan layanan produk perbankan

article imageTips bagi nasabah agar tetap merasa aman menggunakan layanan produk perbankan : Agar...
Selengkapnya

Pengelolaan Keuangan Bagi Pasutri Baru

article imageMemasuki mahligai perkawinan memang sebuah kebahagian dalam memasuki sebuah fase...
Selengkapnya

Lainnya

Komentar Anda