Pentingnya Mengelola Keuangan

PDFPrintE-mail

Topik Minggu Ini

AddthisAddthis

Sahabat Uang Anda pembahasan program Uang Anda hari ini merupakan episode terakhir kita. Selama sekitar delapan bulan program Uang Anda. memberikan edukasi pendidikan finansial bagi keluarga dan dunia usaha keluarga. Berbagai topik telah kita bahas bersama-sama mulai dari bagaimana prinsip dalam mengelola keuangan menggunakan kartu kredit mengembangkan UKM hingga memilih jenis investasi yang tepat dengan kondisi keuangan yang dimiliki.

Beragam respon kami terima baik melalui telpon interaktif maupun pertanyaan di akun media sosial kami seperti twitter, facebook, website dan email uang Anda. Pada musim kali ini terjadi peningkatan jumlah pertanyaan lebih dari 200 persen dibandingkan musim sebelumnya. Sampai dengan hari ini redaksi Uang Anda dibanjiri lebih dari 600 pertanyaan dari Sahabat Uang Anda di seluruh Indonesia. Pertanyaan tersebut datangnya dari individu, keluarga, U-K-M maupun pengusaha.

Hal yang membahagiakan lainnya yaitu meningkatnya jumlah sahabat Uang Anda dalam komunitas media sosial yang kami bangun seperti website, facebook, facebookpage dan twitter. Pada musim ini juga sahabat Uang Anda dapat mengupload semua episode program kesayangan kita bersama ini di Youtube dengan cukup mengetik kata kunci “Uang Anda”. Selain  mengakomodasi keinginan sahabat Uang Anda yang tidak dapat menyaksikan program ini secara live, strategi ini dilakukan agar Anda semua dapat memperoleh informasi seputar pendidikan finansial yang dibahas setiap saat.

Sahabat Uang Anda topik yang akan dibahas pada episode terakhir kali ini yaitu Pentingnya Mengelola Keuangan. Kami khusus mengangkat topik ini karena sekitar 25 persen pertanyaan yang masuk menanyakan topik ini kepada kami.

Seperti yang pernah saya sampaikan pada episode yang sama pada prinsipnya mengelola atau manajemen keuangan merupakan suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki baik ditingkatan pribadi keluarga organisasi sampai perusahaan. Dengan memiliki pengelolaan keuangan yang baik dapat mempengaruhi  kondisi keuangan di semua tingkatan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Secara umum fungsi manajemen keuangan sebagai berikut:

Pertama fungsi perencanaan keuangan yaitu membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu.

Kedua fungsi penganggaran keuangan. Merupakan tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan.

Ketiga fungsi pengelolaan keuangan yaitu menggunakan dana dengan berbagai cara dalam memenuhi segala kebutuhan hidup atau biaya operasional usaha.

Keempat fungsi pencarian keuangan. Merupakan upaya mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk individu dan operasional kegiatan perusahaan.

Kelima fungsi penyimpanan keuangan. Yaitu mengumpulkan dana serta menyimpannya dengan aman.

Keenam fungsi pengendalian keuangan. Merupakan kegiatan mengevaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan secara periodik.

Terakhir fungsi pemeriksaan keuangan. Yaitu melakukan audit internal atas keuangan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan.

Pertanyaan #1

Bu Rina saya baru saja menikah. Kami merupakan pasangan bekerja dengan penghasilan yang cukup bagi keluarga kecil kami. Saat ini saya ingin mengetahui bagaimana mengelola keuangan rumah-tangga yang baik karena kami memiliki kebiasaan buruk yaitu boros karena sering pergi makan keluar daripada di rumah. Mohon pencerahannya .

Jawaban:

Mba Nilam selamat atas pernikahannya. Semoga keluarga Anda menjadi keluarga yang berbahagia selalu.

Terkait pertanyaan Anda Jika Anda berdua pasangan bekerja sebaiknya saling mengetahui pendapatan masing-masing agar terbagun saling kejujuran sebagai pondasi dalam mengatur keuangan rumah-tangga. Jika penghasilan suami lebih besar, maka buatlah kesepakatan agar pendapatan suami yang membiayai keluarga. Sedangkan penghasilan istri, dialokasikan untuk keperluan yang sifatnya emergency. Namun jika Anda mau turut membantu pengeluaran keluarga, maka komunikasikanlah dengan suami Anda. Yang penting terjadi komunikasi dan saling memahami.

Ada beberapa prinsip dasar yang perlu Anda pegang dalam membuat perencaaan keuangan keluarga:

Prinsip pertama yang wajib dipatuhi yaitu pengeluaran lebih kecil. Terdengar sederhana namun sering dilanggar. Jangan pernah membelanjakan lebih besar dari pendapatan Anda. Masalah besar dalam keuangan keluarga dimulai dari melanggar hal ini. Ini terjadi ketika Anda membelanjakan sesuatu yang sebenarnya tidak Anda miliki.

Kedua Hindari hutang. Perlu saya sampaikan hutang akan membuat Anda sengsara apalagi jika ternyata tidak punya kemampuan mengembalikannya. Bagaimana cara menghindari dari berhutang?

Tahan semua keinginan membeli sesuatu kecuali Anda sudah memiliki kemampuan.

Ketiga cobalah hidup sederhana. Hidup sederhana berarti hidup sesuai kebutuhan. Tidak mesti semua yang Anda inginkan harus dibeli. Hidup sesuai kebutuhan Anda dan bagi kelebihannya kepada orang lain yang membutuhkan.

Keempat atur budget dengan teratur. Jika Anda ingin yang canggih bisa menggunakan software keuangan keluarga untuk mencatat pengeluaran, pemasukan sekaligus mengatur budget Anda.$

Jika Anda yang ingin lebih sederhana pisahkan uang yang Anda miliki ke dalam amplop untuk setiap kebutuhan. Pastikan pengeluaran tidak melebihi jatah setiap amplop.

Kelima Jadikan tabungan sebagai pos pertama. Menabung tidak harus besar. Yang paling penting adalah teratur. Segera setelah Anda menerima pendapatan tabung jumlah tadi dalam rekening terpisah. Itulah cara menjadikan tabungan sebagai pengeluaran pertama.

Keenam bayarlah tagihan secepatnya. Bayarkan secepat mungkin setelah Anda menerima tagihan. Ini akan membuat satu urusan beres dan Anda tidak perlu pusing lagi membayarnya di kemudian hari. Baik karena kehabisan uang atau kelupaan.

Terakhir buatlah kesepakatan antara suami dan istri. Istri harus mengerti kemampuan keuangan suami dan suami pun harus mengerti kebutuhan rumah tangga yang diatur istrinya.Tanpa kesepakatan suami istri, akan sulit membuat perencanaan keuangan keluarga yang baik.

Demikian penjelasan saya Nilam. Semoga menjawab permasalahan yang Anda sampaikan tadi.

Pertanyaan #2

Bu Rina saya adalah pengusaha UKM yang tengah berkembang. Saya ingin mengetahui bagaimana mengelola keuangan dari usaha yang saya miliki ini. Mohon penjelasannya

Jawaban:

Pak Ranto  senang sekali memperoleh pertanyaan dari Anda.

Kebanyakan pengusaha U-K-M lebih memperhatikan pada ide-ide bisnis dan menyampingkan manajemen keuangan usaha mereka. Padahal dengan memiliki manajemen keuangan yang baik Anda dapat memperoleh keuntungan karena dapat memanfaatkan sumber-sumber modal untuk membiayai usaha. Berikut beberapa dasar manajemen keuangan bagi UKM.

Pertama Anda harus memisahkan keuangan pribadi dengan usaha. Biasakan tidak memakai uang usaha untuk kebutuhan pribadi. Jika terdesak untuk tambahan modal,  maka anggaplah sebagai pinjaman yang harus dikembalikan.

Kedua Gajilah diri anda jika usaha sudah mulai menguntungkan. Membayar diri sendiri  bisa dilakukan secara periodik misalnya per bulan dengan gaji besaran gaji yang sewajarnya yang diambil dari keuntungan bersih.

Ketiga miliki pembukuan keuangan yang rapih. Jika Anda baru bisa menggunakan tool yang sederhana di komputer misalnya MS Excel atau software sejenisnya. Buat ringkasan laporan keuangan tiap bulan berisi pemasukan, pengeluaran, pembelian, penjualan, gross profit dan net profit yang ditujukan kepada diri sendiri dan pemilik modal.

Keempat jangan lupa menyiapkan dana darurat agar keuangan Anda tidak kacau bila terjadi kebutuhan mendadak.

Terakhir jangan lupa hitung kebutuhan dana awal lalu buat proyeksi arus kas berupa pengeluaran dan pemasukan untuk memastikan modal yang dimiliki cukup untuk menjalankan usaha setahun ke depan bahkan bisa memperkirakan berapa lama modal bisa kembali.

Comments 

 
0 # sehafie 2013-04-04 20:57
Jika terjadi kesalahan pengelolaan dana sehingga terjadi kerugian, langkah apa yang harus dimulai
Reply | Reply with quote | Quote
 

Add comment

Security code
Refresh

Info Uang Anda

Tips Berinvestasi di Pasar Saham

article imageTips bagi Anda yang ingin berinvestasi di pasar saham. Perlu diketahui, tidak sedikit...
Selengkapnya

Tips memilih KTA

article thumbnail Pertama, ajukan pinjaman tanpa agunan ini sesuai dengan keperluan Anda. Jangan karena...
Selengkapnya

Tips Berhemat Uang Saat Lebaran

article thumbnailMetrogaya-Saat-saat bulan puasa ramadhan menjelang lebaran merupakan masa-masa di...
Selengkapnya

Lainnya

Komentar Anda