Asuransi

PDFPrintE-mail

Sebagai manusia tentunya anda memiliki harapan untuk selalu bahagia dan sejahtera dalam hidup.  Sayangnya, tidak satupun diantara kita yang dapat meramal peristiwa yang baik maupun buruk di masa depan.

Berbagai resiko negatif mungkin saja terjadi dimasa datang seperti jatuh sakit, dipecat dari pekerjaan, bahkan yang terburuk sekalipun yaitu kematian.

di Indonesia bisnis asuransi sendiri diatur dalam Undang-undang Nomor 2 tahun 1992 Tentang Usaha Perasuransian di Indonesia dan Peraturan Pemerintah nomor 73 tahun 1992 tentang Penyelenggaraan Usaha Perasuransian.

Saat ini bisnis asuransi tumbuh progresif dengan berbagai varian produk yang ditawarkan. Jenis-jenis asuransi yang berkembang di Indonesia dilihat dari peruntukkannya adalah:

Pertama, asuransi kerugian atau non life insurance. Jenis asuransi ini memberikan jasa untuk menanggulangi suatu resiko atas kerugian, kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga atas suatu peristiwa yang tidak dapat diduga sebelumnya. Kategori asuransi kerugian adalah asuransi kebakaran, asuransi pengangkutan dan asuransi aneka misalnya asuransi kendaraan bermotor, kecelakaan diri, pencurian dsb.

Jenis yang kedua adalah asuransi jiwa atau life insurance. Jenis asuransi ini dikaitkan dengan penanggulangan jiwa atau meninggalnya seseorang yang dipertanggungkan.  Yang termasuk jenis asuransi ini adalah asuransi berjangka, asuransi tabungan dan asuransi seumur hidup

Terakhir, reasuransi yaitu perusahaan yang memberikan jasa asuransi dalam pertanggungan ulang terhadap resiko yang dihadapi oleh perusahaan asuransi kerugian. Jenis asuransi ini sering disebut asuransi dari asuransi itu sendiri. Yang termasuk kedalam kategori ini adalah asuransi bentuk treaty, facultative dan kombinasi keduanya.

Sementara itu dilihat dari segi kepemilikannya, asuransi digolongkan menjadi:

Pertama.. asuransi milik pemerintah, yaitu asuransi yang sahamya dimiliki sebagian besar ata bahkan 100 persen oleh pemerintah Indonesia.

Kedua.. asuransi milik swasta nasional, yaitu asuransi yang kepemilikan sahamnya sepenuhnya dimiliki oleh swasta nasional, sehingga siapa yang paling banyak memiliki saham, maka memiliki saham terbanyak dalam RUPS